Jumat, 27 Juli 2012

Mencetak Photo Sesuai Ukuran dengan corelDRAW

Banyak cara yang dapat digunakan untuk mencetak Foto atau gambar sesuai ukuran yang diinginkan, bahkan dalam setiap printer yang kita beli selalu menyediakan tool aplikasi yang dengan mudah dapat digunakan untuk mencetak dalam berbagai ukuran, contohnya Epson Easy Photo Print untuk printer Epson dll. Namun kadang kala ukuran default yang diberikan tidak sesuai dengan apa yang kita perlukan, sehingga membutuhkan software editing grafis tambahan.
Salah satu cara mencetak pas photo sesuai ukuran secara yang mudah dan simple setidaknya menurut saya, saya biasa menggunakan aplikasi desain grafis corel draw. Di sini saya menggunakan Corel Draw X3.
Langkah2:
1.    Buka aplikasi corel Draw – New
foto1.jpg
2.    Atur Property Bar pada halaman dengan ukuran A4 (biasanya kertas Foto yang dijual di pasaran berukuran A4), untuk unitnya bisa diganti cm/mm.
foto2.jpg
3.    Impor gambar ke dalam stage/halaman dengan klik File – Import atau langsung buka windows explorer kemudian drag/seret file gambar yang dimaksud ke dalam stage/halaman.
foto3.jpg
4.    Kill rectangle tool (F6) untuk membuat persegi panjang sesuai ukuran yang kita inginkan, contohnya 40X60 mm, untuk merubah ukuran bisa menggunakan property bar yang tersedia.
foto4.jpg
5.    Geserlah foto yang akan kita cetak ke dalam kotak persegi ukuran 40X60 mm yang sudah kita buat sesuai area photo yang akan kita seleksi.
foto5.jpg
6.    Atur customisasi efek power-clip dengan klik: Tool – Options – workspace – edit – hilangkan tanda centang pada “Auto-Center New powerClip Contents”
foto6.jpg
7.     Klik menu “Effect – PowerClip – Place Inside Container” tempatkan cursor mouse pada tepi persegi panjang yang sudah kita buat.
foto7.jpg
8.    Untuk penggandaan foto ke samping bisa medrag gambar dengan tombol kiri mouse dan pencet tombol shift pada keyboard, kemudian melepasnya dengan mengklik kanan.
foto8.jpg
9.    Bisa juga dengan docker Transformation, untuk memunculkannya klik “Window–Dockers–Tranformations –Position, atur nilai positions 45 mm pada “H” (horizontal)  untuk memberi jarak antar foto, kemudian klik “Apply To Duplicate”
foto9_0.jpg
10.    Untuk penggandaan photo ke bawah, seleksi seluruh photo dengan “Pick Tool” kemudian  ulangi langkah no 9, beri nilai H=0 V=-65 kemudian klik “Apply To Duplicate”
foto10.jpg
11.    Selanjutnya kita dapat langsung mencetak/print, jangan lupa atur preferences printer anda sesuai jenis dan ukuran kertas yang digunakan.
foto9_0.jpg

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Arsip Blog

Labels

Pengunjung