Selasa, 17 Januari 2012

Tips Cepat Cara Melihat Rasi Bintang dan Zodiak Tanpa Peta Langit

rasi bintang stellarium 
Indonesia pada umumnya pada bulan November ini telah memasuki musim penghujan. Tanah becek, apalagi mau kemana-mana tidak ada ojek hehe :-)
Bagi Anda penikmat langit malam harus berpuasa terlebih dahulu karena di jamin bintang-bintang 100% tidak akan tampak di langit. Cuaca bulan ini menyebabkan langit dipenuhi mendung sehingga menghalangi penglihatan kita dari rasi bintang yang kita cari.
Ada cara mudah untuk melihat rasi bintang tersebut. Kita bisa pergi ke planetarium. Tapi sayang di seluruh kota di Indonesia ini hanya beberapa yang memiliki fasilitas planetarium, itu pun harus berkelompok dan antri. Di Surabaya sendiri saya hanya berkesempatan satu kali selama ini berkunjung ke planetarium surabaya. Ketika saya merencanakan kunjungan lagi kesana, saya telah menemukan cara paling mudah untuk melihat rasi bintang dan menemukan posisi zodiak kita di langit agar tidak usah berepot-repot ke planetarium.

Tips komputer kali akan mengupas tentang cara menemukan rasi bintang secara presisi menggunakan bantuan software stellarium yang sangat mudah untuk di operasikan dan digunakan. Karena software ini butuh tampilan yang baik maka sangat saya sarankan menggunakan komputer dengan prosesor dualcore dan VGA minimal 256 MB.

Cara mudah melihat rasi bintang dan zodiak di langit malam :
1. Downloadlah software stellarium GRATIS di website ini atau langsung ke link download ini untuk OS windows.
2. Instal di komputer Anda
3. Jalankan program stellarium
4. Setting kota dimana Anda tinggal karena posisi bintang di waktu yang Anda inginkan akan ditampilkan presisi di tempatnya
5. Gunakan fasilitas search untuk mencari bintang atau planet maupun zodiak yang Anda ingin lihat

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Labels

Pengunjung

free counters